Oleh: star5t | Mei 2, 2009

Apa itu “ikhwan” ??

“seorang ikhwan” ternyata bukanlah kata yang familiar atau paling tidak dimengerti maksudnya bagi beberapa persen kaum remaja dan dewasa disekitarku. seperti contohya kejadian semalam yang membuatku tertawa geli saking lucunya. setelah kemarin aku memposting artikel baru di blogku ini yang berjudul “tentang ikhwan sejati” secara tak sengaja teman sebelah kamarku membaca postinganku tsb. awalnya dia datang ke kamarku untuk buka2 facebook miliknya di laptopku. saat itu blogku dalam keadaan terbuka di window explorernya. otomatis tulisan teratas adalah tulisan terakhir yang baru aku posting. temanku langsung saja membacanya keras2 “tentang ikwan sejati” bla..bla..bla…dst

“hayo siapa ikhwan ir? tanyanya lugas..

aku hanya menoleh padanya kemudian tersenyum “ah..kamu ini ada2 saja” tanggapku ringan karena menurutku dia hanya bercanda ingin menggodaku. kemudia aku diam lagi tak menghiraukan pertanyaannya.

“ir….siapa ikhwan??”

“ikhwan itu siapa ir????” desaknya membuatku makin heran.

Ternyata dia serius dengan pertanyaannya itu. dia benar-benar tidak tau arti kata ikhwan. aku jadi tertawa geli dan dia semakin cemberut krn bukannya jawaban yang didapat justru tertawa. aku jadi bingung gimana caranya menjelaskan ke dia tentang apa itu ikhwan. aku ingin mengatakan padanya bahwa ikhwan itu adalah “cowok” tapi kurang tepat rasanya untuk memuaskan pertanyaan dia. tentu dia akan bertanya lagi kenpa tidak menggunakan istilah cowok saja. kenapa pakai istilah ikhwan. kalau aku mengartikan kata ikhwan sesuai arti gramatical nya dalam kamus bahasa arab yaitu saudara laki2 tentu tidak sesuai dengan konteks kalimat yang dibacanya. akhirnya aku mencarikan jawaban di google.. ketemulah beberapa bahasan tentang “ikhwan”. coba aku gunakan keyword “ikhwan adalah” eh..ketemu salah satu tulisan yang menjelaskan begini:

golongan Ikhwan ini adalah golongan yang sudah mendapat jaminan Allah akan dimasukkan ke dalam syurga-Nya. aduh..bukan..bukan ini jawabannya. bisa salah pengertian nanti jadinya. akhirnya aku jelaskan semampuku dengan menjabarkan tentang kebiasaan golongan teman2 tertentu yg memanggil teman2 pria seorganisasi atau sepergaulannya dengan sebutan ikhwan sedangkan untuk teman cewek dengan sebutan akhwat. dan bla..bla..bla.. penjelasan lain sesuai pertanyaan dia sampai dia memahami arti kata yg tidak dimengertinya.

hehehe… ternyata banyak juga ya teman2 yang nggak kenal apa itu ikhwan atau akhwat. sebenarnya sih kalo menurutku sama aja penyebutan ikhwan atau cowok begitupula akwat ataupun cewek. itukan hanya istilah penyebutan aja. hakekat sebenarnya bukan karena dia dipanggil ikhwan maka berarti dijamin dia cowok yang baik, beriman, dll dan jika dipanggil akhwat berarti pasti dia wanita sholehah,beriman dsb.. (meski kebanyakan memang seperti itu) tapi itu semua tergantung hati dari kepribadian masing2.

Surabaya, 02-mei-2009


Responses

  1. Assalamualaikum..

    lucu banget.. , smoga dia menemukan arti dan ikhwan yang tepat buat dirinya🙂


Tinggalkan Balasan

Kategori

